Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan

Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Jawa Tengah, Artikel Kabar, Artikel Kebumen, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan
link : Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan

Baca juga


Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan

PETANAHAN (www.beritakebumen.info) - Sejarah awal mula terjadinya/berdirinya desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen tidak dapat diketahui dengan jelas. Meslipun kami sudah menggali informasi kepada para sesepuh desa (orang yang umurnya sudah sangat lanjut) namun mereka tidak mengetahui apa dan bagaimana awal mula terjadinya/berdirinya desa Kewangunan. Mereka mengatakan bahwa sejak mereka dilahirkan yaitu sekitar tahun 1920 mereka sudah memaklumi bahwa mereka tinggal di sebuah desa yang bernama Kuwangunan yang kemudian pada sekitar tahun 1990 mengalami perubahan nama sedikit menjadi Kewangunan.

Masyarakat desa Kewangunan sebagaimana layaknya masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan memiliki sestem kekerabatan dan jiwa kegotongroyongan yang tinggi. Hal tersebut tercermin dari kepedulian warga yang secara gotong- royong saling bantu membantu dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga masyarakat yang sifatnya untuk kepentingan umum maupun untuk kepentingan yang sifatnya individual, seperti pada perbaikan jalan, perbaikan/pembangunan sa- rana ibadah dan pada kegiatan pembangunan rumah warga. Adapun bentuk gotong- royong tersebut dapat berupa tenaga, material atau juga uang. Peran serta masyara- kat dalam pembangunan pada masyarakat desa Kewangunan adalah merupakan perwujudan dari tingginya jiwa kekeluargaan serta kesadaran bahwa pembangunan desa merupakan tanggungjawab bersama seluruh warga Desa Kewangunan.

Dalam perkembangan sejarah kepemimpinan Kepala Desa (saat itu namanya LURAH) di Desa Kewangunan tercatat dalam sejarah desa Kewangunan yaitu dengan dimulainya kepemimpinan Kepala Desa ABDUL SYAKUR yang memimpin sebelum masa kemerdekaan yaitu sekitar tahun 1920 sampai dengan masa kemerdekaan RI yaitu tahun 1945. Masa kepemimpinan Kepala Desa sebelum kemerdekaan jauh berbeda dengan kondisi sekarang, pada waktu itu Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan belum memiliki pedoman atau ketentuan yang jelas (seperti Undang-undang, Perda dll) karena dalam cengkraman sejarah. Kebeba- san pemimpin dan masyarakat dibatasi oleh penjajah sehingga sulit untuk berjalan.

Kemudian pada tahun 1945 Kepala Desa Kewangunan digantikan oleh Kepala Desa WIRYOSENTONO sampai dengan masa kepemimpinan tahun 1970 karena meninggal dunia. Sejak awal masa kemerdekaan suasana masih diwarnai luapan kegembiraan masyarakat atas nikmat ALLOH SWT yang berupa kemerdekaan, sehingga program- program pembangunan belum terpikir, kondisi serba belum stabil, keadaan berlanjut sampai dengan 10 tahun kemudian. Setelah itu masyarakat sudah mulai memikirkan kondisi lingkungan desa, berani berkumpul dan berpendapat.

Selanjutnya pada tahun1970 diadakanlah pemilihan Kepala Desa dan DARNUDJI mendapat dukungan terbanyak dari masyarakat desa Kewangunan untuk memimpin desa sampai dengan tahun 1989. Kemudian pada tahun 1989 sampai dengan tahun 1998 desa Kewangunan dipimpin oleh Kepala Desa ROMELAN. Pada khir masa jabatan Kepala Desa ROMELAN, Bapak BUDI mendapat tugas untuk men- jadi Penjabat (Pj) Kepala Desa Kewangunan hingga tahun 1999 karena ada gejolak politik nasional dan imbasnya hingga ke pelosok desa Kewangunan. Kemudian peri- ode tahun 1999 hingga tahun 2007 desa Kewangunan dipimpin oleh Kepala Desa MURID AMIR MAHMUD dan dilanjutkan hingga periode tahun 2013 karena terpilih untuk ke dua kalinya. Dan untuk periode tahun 2013, desa Kewangunan dipimpin oleh SUPARDI sebagai Kepala Desa Kewangunan hingga sekarang.

Kepemimpinan dan Pembangunan Desa Kewangunan 1920-1979

Tahun 1920 Peristiwa ini ditengarai berdirinya Desa Kewangunan
Tahun 1936 Pembangunan Masjid Al Jihad
Tahun 1920-1945 adalah merupakan masa kepemimpinan Kepala DesaAbdul Syakur
Tahun 1958 merupakan pembuatan Lapangan Sepak Bola SUDIMORO
Tahun 1959 merupakan pembangunan SDN I Kewangunan
Tahun 1961 merupakan Pembangunan Bendungan DEWI LAMPET
Tahun 1945-1970 merupakan masa kepemimpinan Kepala Desa Wiryosentono
Tahun 1975 pembangunan Jembatan SASAK
Tahun 1976 pembangunan SDN II Kewangunan
Tahun 1977 pembangunan Jaringan Saluran Irigasi Wadaslintang
Tahun 1977 pelebaran Kali Rama
Tahun 1979 pembangunan Balai Desa Kewangunan

Sumber:
RPJMDes Kewangunan 2014-2019 | Link

Peta Desa Kewangunan Kecamatan Petanahan Kebumen










Sobat baru saja selesai membaca :

Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Sejarah Singkat Desa Kewangunan, Kecamatan Petanahan link yang gunakan: https://cepotpost.blogspot.com/2019/01/sejarah-singkat-desa-kewangunan.html

Subscribe to receive free email updates: