Judul : Industri Hijab di Indonesia Makin Kompetitif
link : Industri Hijab di Indonesia Makin Kompetitif
Industri Hijab di Indonesia Makin Kompetitif
BANTENPERSPEKTIF.COM, GAYA HIDUP--Dari hari ke hari industri fesyen hijab semakin berlari. Geliat bisnis ini semakin menggeliat dan kompetitif dengan terlibatnya kalangan artis ternama tanah air, mulai dari menjadi brand ambasador sampai langsung menjadi ownernya.Pasar pun secara alamiah tersegmentasi secara alamiah, bagi mereka yang cukup kantongnya maka akan disasar hijab lux dengan harga yang lumayan. Sementara bagi yang kantongnya pas-pasan disasar brand hijab tersendiri. Tak hanya faktor ekonomi, lifestyle juga menjadi target pasar para brand hijab, mulai dari karakter hijab Syar'i sampai hijab dengan model sendiri.
Berikut beberapa brand fesyen muslimah di tanah air yang terkenal dan menjadi incaran para muslimah. Masing-masing memiliki pasarnya sendiri dan cara pemasarannya pun menggunakan taktik masing-masing.
1, Brand Dian Pelangi
Brand Dian Pelangi (DP) didirikan oleh Dian Wahyu Utami. Sesuai dengan nama mereknya, karya-karya DP mempunyai ciri khas dalam permainan warna-warna pelangi. Disamping warna-warna pelangi yang terang, Dian juga suka menambahkan ciri khas nusantara dalam rancangannya, seperti batik, songket, jumputan, dll. DP tidak menjual produk-produknya secara online, melainkan hanya dijual di butik-butik resminya yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.
2. Meccanism
Siapa sih yang tak kenal Zaskia Adya Mecca? Ya, dia adalah bintang sinetron dan film kenamaan. Artis ini punya label fashion sendiri, yaitu Meccanism, yang menawarkan produk busana muslim seperti dress, bawahan, jibab, dan inner.
3. Kami Idea
Kami Idea didirikan atas dasar ide dari 3 orang pemiliknya yaitu Istafiana Candarini, Nadya Karina and Afina Candarini. Mereka memproduksi busana-busana yang terinspirasi dari gaya minimalis Jepang. Kami Idea berpusat di Jakarta dan telah membuka beberapa outlet di beberapa kota besar antara lain Palembang, Medan, Cianjur, Bandung, dan Yogyakarta.
4. Rabbani
Rabbani adalah salah satu perusahaan kerudung instan terbesar di Indonesia dengan cabang yang tersebar di seluruh negeri hingga ke kota-kota kecil. Nama Rabbani diambil dari sebuah kata yang tercantum di Al Qura’an surat Ali Imran ayat 79.
Rabbani sendiri artinya adalah pengabdi Tuhan, mempunyai ilmu pengetahuan tentang Tuhan; dengan kata lain, hamba yang dekat dengan Allah.
Kini Rabbani telah memiliki pabrik konveksi sendiri dibeberapa kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bandung.
5. Elzatta
Elzatta adalah sebuah label busana muslimah yang berasal dari kota Bandung. Didirikan oleh ibu Elidawati dengan mengambil nama anaknya, Zatta, yang dibubuhi kata El dari namanya sendiri.
Sejak awal berdirinya, Elzatta terus berkembang pesat sejalan dengan minat masyarakat akan produk-produknya. Elzatta berkomitmen untuk terus membuat produk yang simple bagi wanita yang aktif dan dinamis.
Brand ini sering menjadi sponsor film-film religi tanah air. Elzatta juga sering menjadi sponsor film religi,
6. Zoya
Zoya memiliki filosofi “light and color”, sehingga menghasilkan produce yang berkarakter ringan, easy to wear, easy to match, serta lengkap dalam desain dan warna.
Zoya dikenal serius dalam mempromosikan brand-nya. Hal ini ditandai dengan direkrutnya artis-artis ternama Indonesia untuk jadi Brand Ambassador-nya, yaitu Eriska Rein, Soraya Larasati, Lula Kamal, Indah Nevertari, dan Laudya Cynthia Bella.
Dengan brand ambasador Bella, artis yang sedang naik daun diharapkan mampu dongrak pemasaran Zoya. Brand ini juga agresif dalam membidik pasar kelas menengah dan didukung outlet di beberapa kota-kota di Indonesia.
7. Shasmira
Shasmira menjual beragam produk kerudung antara lain kerudung instant, kerudung segi empat dengan perpaduan payet jepang, sulam pita dan sulam benang buatan tangan. Selain itu Shasmira juga menjual baju tunieq, Kebaya, Kaos, gamis dan baju blues.
Shasmira juga ekspansi melalui pembukaan outlet di sejumlah kota, terutama kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Medan dan kota lainnya. Bahkan di Kota Serang, Banten outlet Shasmira juga telah ada. Dengan brand ambasador Inneke Koesherawaty diharapkan mampu dekati pasar.
8. Hijab Alila
Brand hijab yang satu ini di-inisiasi oleh ustad Felix Siauw bersama istrinya. Hijab Alila khusus memproduksi baju-baju syar’i dengan nuansa warna yang sederhana namun tetap cantik.
Kekuatan sang owner menjadi penunjang brand hijab ini. Apalagi Felix sering ceramah di sejumlah kota termasuk di sejumlah layar televisi.
Sebagai seorang mualaf, Felix menjadi daya tarik tersendiri sehingga secara tidak langsung bisa menjadi daya tarik brand yang ia dirikan tersebut bersama sang istri.
19. Mezora
Mezora masih satu grup dengan Shafira, namun membidik pasar segmen menengah ke bawah dari kalangan muda dan dewasa. Ciri khas produk Mezora adalah bahan yang nyaman dengan warna yang cerah.
Masih ada banyak brand hijab yang meramaikan pasar tanah air dengan target pasar tersendiri. Meski kompetiti tapi juga pangsa pasarnya luas sehingga pentrasinya lumayan baik.
REDAKSI | BANTENPERSPEKTIF
Sobat baru saja selesai membaca :
Industri Hijab di Indonesia Makin Kompetitif
Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Industri Hijab di Indonesia Makin Kompetitif dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.
Telah selesai dibaca: Industri Hijab di Indonesia Makin Kompetitif link yang gunakan: https://cepotpost.blogspot.com/2017/05/industri-hijab-di-indonesia-makin.html