Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan

Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Post, Artikel Update, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan
link : Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan

Baca juga


Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan

Ambon, Malukupost.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon mewajibkan pengusaha "speedboat" atau perahu motor cepat untuk menyiapkan alat kelengkapan keselamatan dalam operasionalnya guna mengantisipasi kecelakaan di laut. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette di Ambon, Senin (16/7), menyatakan setiap perahu motor cepat yang beroperasi di Teluk Ambon, wajib menyiapkan alat kelengkapan keselamatan berupa "life" jaket maupun perlengkapan lainnya.
Ambon, Malukupost.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon mewajibkan pengusaha "speedboat" atau perahu motor cepat untuk menyiapkan alat kelengkapan keselamatan dalam operasionalnya guna mengantisipasi kecelakaan di laut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette di Ambon, Senin (16/7), menyatakan setiap perahu motor cepat yang beroperasi di Teluk Ambon, wajib menyiapkan alat kelengkapan keselamatan berupa "life" jaket maupun perlengkapan lainnya.

Jika ada yang tidak menyiapkan, katanya, tidak diizinkan berlayar.

"Sebelumnya kita telah menyurati seluruh pemilik 'speedboat' terkait alat keselamatan, risikonya fatal ketika terjadi kecelakaan karena yang disalahkan bukan pemilik, tetapi Dinas Perhubungan," katanya.

Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi angkutan transportasi laut, khususnya perahu motor cepat yang beroperasi di Teluk Ambon, seperti Mardika-Kota Jawa dan Mardika-Wayame.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I/a Ambon untuk meninjau seluruh angkutan transportasi laut yang beroperasi, serta memastikan adanya perlengkapan keselamatan.

"Kita juga akan menempatkan petugas di dermaga, untuk mengawasi 'speedboat' yang beroperasi, jika tidak ada perlengkapan keselamatan minimal 'life' jaket, maka kita larang untuk berlayar," ujarnya.

Selain "life" jaket, kata Robby, pengemudi perahu motor cepat juga harus dilengkapi dengan surat izin mengemudi, yang menyatakan bahwa pengemudi ahli membawa angkutan laut tersebut.

"Berbagai aturan diterapkan demi menjamin keselamatan para pengguna angkutan umum, khususnya transportasi laut. Kita harus belajar dari kejadian kecelakaan laut yang terjadi, saat terjadi kecelakaan masyarakat akan salahkan Dishub yang mengeluarkan izin," katanya.

Pihaknya ke depan akan mengembangkan perahu motor cepat sebagai moda angkutan pilihan agar masyarakat tidak lagi tergantung moda angkutan darat dengan tingkat kemacetan yang makin tinggi.

Operasional moda angkutan laut tersebut, katanya, salah satu strategi mengurai kemacetan di darat, selain itu memfungsikan kembali operasi perahu motor cepat di teluk.

Teluk Ambon potensial jika perahu motor cepat beroperasi dengan standar keselamatan dan jenis perahu yang layak, sehingga teluk menjadi ikon pariwisata kota.

"Kota Ambon sementara dipersiapkan menjadi kota tujuan wisata pada tahun 2020, karena itu kita perlu menyiapkan infrastruktur, yakni transportasi laut berupa 'speedboat', " ujar Robby. (MP-4)


Sobat baru saja selesai membaca :

Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Dishub Ambon Wajibkan "Speedboat" Siapkan Alat Keselamatan link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2018/07/dishub-ambon-wajibkan-speedboat-siapkan.html

Subscribe to receive free email updates: