Kronologi Masuknya Islam di Nias

Kronologi Masuknya Islam di Nias - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Kronologi Masuknya Islam di Nias, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Islami, Artikel Kabar, Artikel Ragam, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Kronologi Masuknya Islam di Nias
link : Kronologi Masuknya Islam di Nias

Baca juga


Kronologi Masuknya Islam di Nias

Nias Topography.png


Catatan Perjalanan Ibnu Hasyim

NIAS atau dalam bahasa Nias diebut Tanö Niha, adalah kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau SumateraIndonesia, dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara

Pulau ini merupakan pulau terbesar dan paling maju di antara jejeran pulau-pulau di pantai barat Sumatera, dihuni oleh majoriti suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah ini memiliki objek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, fahombo (lompat batu).

Pulau dengan luas wilayah 5.625 km² ini berpenduduk hampir 900.000 jiwa. Agama majoriti di daerah ini adalah Kristen Protestan dimana 90% penduduknya memeluk agama ini, sedangkan sisanya beragama Katolik,  Islam, dan Budha. Penduduk yang memeluk agama Islam pada umumnya berada di wilayah pesisir Kepulauan Nias. 

Pulau Nias yang sebelumnya adalah hanya 1 kabupaten saja, saat ini telah dimekarkan menjadi empat kabupaten dan 1 kota, iaitu Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunungsitoli.
Geografi
Lokasi Asia Tenggara
Koordinat 1°6′LU 97°32′BT
Luas 4.771 km²
Negara
Indonesia
Provinsi Sumatera Utara
Kabupaten NiasNias SelatanNias Barat,Nias Utar



Kronologi Masuknya Islam di Nias

Sebagaimana kedatangan Islam di Nusantara, Islam masuk ke P.Nias bukan melalui misi khusus untuk menyebarkan agama, melainkan dibawa oleh para pendatang ke P.Nias baik yang berdagang maupun yang menetap disana.

Meskipun Islam telah terlebih dahulu masuk ke P.Nias, namun pada perkembanganya tidak sepesat agama Kristen yang disebarkan dalam misi khusus oleh para misionaris.

Umumnya masyarakat asli Nias yang masuk Islam adalah karena kesadaran sendiri atau karena ikatan perkawinan dengan para pendatang yang beragama Islam.
Menurut hemat kami, ada beberapa faktor kemungkinan kurang pesatnya Islam berkembang di Nias pada masa itu, antara lain:
  • Para pendatang ini memang bukan datang untuk menyebarkan agama.
  • Kemungkinan karena mereka telah menjalin hubungan yang baik dengan para penguasa setempat, mereka memilih untuk tetap memelihara hubungan baik yang telah terjalin tanpa mengintervensi adat dan kepercayaan penduduk setempat. Apalagi setelah adanya kesepakatan/ pemberian wilayah kekuasaan bagi para pendatang dengan penguasa setempat.
  • Kondisi alam yang pada waktu itu masih berupa hutan rimba sehingga membuat akses yang sulit ke pedalaman dan pegunungan dimana kebanyakan penduduk asli tinggal.
  • Masyarakat setempat yang biasa beternak babi membuat para pendatang beragama Islam sulit berasimilasi dengan penduduk asli. Hanya penduduk asli yang datang ke perkampungan ummat Islam dan berinteraksi cukup intens dengan para pendatang saja yang akhirnya masuk Islam.
  • Ternak babi bagi masyarakat Nias merupakan ternak utama untuk upacara-upacara adat, sehingga sangat wajar jika mereka sulit menerima kepercayaan baru yang mengharamkannya.
Secara kronologis masuknya Islam ke pulau Nias dapat diurutkan sebagai berikut:

  • Tahun 858 M. seorang Persia bernama Sulaiman pernah menyinggahi pulau Nias yang dinamakannya denga Pulau Nian. Hal ini telah disebutkan oleh E. Fries dalam bukunya Amoeata Hoelo Nono Niha hal 53. Sayangnya tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini.
  • Tahun 1624 M. Nias masuk menjadi wilayah kekuasaan Kesultanan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (berkuasa dari tahun 1607 s/d 1635).
  • Pada tahun 1642(?)/1080 H. orang Aceh di bawah pimpinan Teuku Polem dari Meulaboh tiba di Nias, yang kemudian menetap di kampung Hele Duna Siwulu (sekitar Desa Mudik sekarang).

    Keterangan ini diperkuat dalam buku Encyclopedia Van Nederndsch Cost Indie III cetakan kedua, keluarang Martinus Nijhoffe Gravenhage tahun 1915 dalan halaman kedua memuat keterangan seorang Belanda bernama Davidson tentang apa yang dilihatnya sewaktu dia pada tahun 1665 mengelilingi pulau Nias, bahwa orang Melayu terutama Aceh bergaul dengan suku-suku Nias dan bahwa agama yang dibawanya Islam. Islam berpengaruh atas lembaga kebudayaan kerohanian asli orang Nias.
  • Pada tahun 1111 H. atau sekitar tahun 1690 M. seorang Minangkabau bernama Datuk Raja Ahmad suku Chaniago asal negeri Priangan Padang Panjang telah sampai di Nias, sekitar Teluk Baliku kira-kira 12 Km utara kota Gunungsitoli dan tinggal menetap di Kampung Dalam (sekitar perbatasan Desa Mudik dan Kelurah Ilir sekarang).
  • Sekitar tahun 1215 H atau 1794 M dibawah pimpinan Haji Daeng Hafiz (orang Bugis) tinggal dan menetap di Gunungsitoli.
  • Sekitar tahun 1810 M. orang Arab di bawah pimpinan Said Abdullah dari Kotaraja Banda Aceh sampai dan menetap di Gunungsitoli.
  • Sekitar tahun 1863 M. orang India dibawah pimpinan Mustan Sahib tiba dari Meulaboh dan menetap di Gunungsitoli, setelah sebelumnya tinggal di Singkil.
Sumber tulisan:
Drs. Suady Husin: Suatu Tinjauan Tentang Ada Perkawinan dan Warisan Pada Masyarakat Islam di Nias Pesisir, Fakultas Ilmu Sosial IKIP Medan Tahun 1976.



m pesan ke Halaman ini, pelajari tentang acara yang akan datang, dan lainnya.

Masuk

atau

DaftarLain Kali

Gerakan

Forum ini ada sebuah antisipasi bagi kaum Pemuda dalam pembersihan Terorist dan Islam dari Kepulauan Nias

Ikon untuk Menyukai Halaman atau Laporan masuk

174 orang menyukai ini

TentangLihat Semua

Highlights info row image

Gerakan


Orang

174 suka


Kiriman Pengunjung

Orang Juga Menyukai
Kiriman


Bersihakan Nias dari ISLAM

1 Agustus 2014

MARI BERSATU MENGUSIR ISLAM SEKARANG DARI PULAU NIAS...!!!

I S I S = FPI : adalah Bentukan baru FORUM ISLAM IRAK SURIAH
Yang sudah Menjalar sampai Indonesia ( JAKARTA,, JAWA TENGAH,, SOLO) yang Siap MATI SAHID apabila mereka membela AGAMA ISLAM dan BERPERANG DI JALAN ALLOH serta Membantu ALLOH ISLAM untk membasmi KAUM KAFIR (KRISTEN) di seluruh dunia yg kelak akan mendeklarasikan diri mereka sebagai NEGARA ISLAM YANG TAUHID......Lihat Selengkapnya

Gudel, Ani Hura, Fan Laia dan 6 lainnya menyukai ini.
Komentar



Bersihakan Nias dari ISLAM

21 Juli 2014

PERDANA MENTERI PERTAHANAN ISRAEL BERSUMPAH...
Bahwa Ianya tidak akan berhenti membasmi HAMAS dari PALESTINA...

Aku DUKUNG 100%...!!!

Fan Laia, Oktavianus Hulu, Bintang Taurus dan 10 lainnya menyukai ini.
Komentar

Kiriman


Bersihakan Nias dari ISLAM

16 Juli 2014

ISRAEL vs HAMAS-PALESTINE......BUKAN PERANG SAYA....!!!

INDONESIA mengumpulkan dana (UANG) dari seluruh penjuru NEGERI...
Dengan alasan BANTUAN KEMANUSIAAN... Hal ini Perlu kita antisipasi karna SESUNGGUHNYA dana kemanusiaan yang dimaksdud tersebut (UANG) itu adalah UNTUK MEMBANTU KELOMPOK HAMAS-PALESTINE agar bisa MEMBELI ROKET (BOM PENGHANCUR) yang nilainya sekitar US$ 5.000 atau setara dengan Rp. 5.000.000. per ROKET dalam menggempur ISRAEL......Lihat Selengkapnya

Fan Laia, Oktavianus Hulu, Aura Amel dan 7 lainnya menyukai ini.
Komentar

Rizky Ramadhan Lase
Rizky Ramadhan Lase goblok, dulu kalau tau orang indonesia gak tau diri kayak gini, orang kaya palestina gak bakalan mau minjamin dana untuk kemerdekaan RI, memanglah bangsa ini sangat gak tau diri, itu makanya sokarno bilang selama bangsa palestina belum merdeka perjuang...Lihat Selengkapnya
Mustafa Kholel
Mustafa Kholel Bedanya islam memberikan perlwanan kristen biasa aja


Bersihakan Nias dari ISLAM

13 Juli 2014

Seluruh Umat ISLAM Se DUNIA berkumpul dan mengecam ISRAEL...Termasuk Indonesia yang paling panas dan terbakar jenggotnya,,, Tak apa ISLAM yg di Pulau Nias, mereka cenderung diam dan sok alim padahal dalam hati menggebu serasa meledak.

Umat Kristen di Indonesia akan terancam khususnya di Pulau Jawa,, Padang dan Aceh....

Apa yang harus kuperbuat....???...Lihat Selengkapnya

Ryan Fernando, Bintang Taurus, Apdi Jr. dan 17 lainnya menyukai ini.
Komentar

Bersihakan Nias dari ISLAM Ya,, buat sementara dan saat ini,, kita blm merasakan pahitnya
Mustafa Kholel
Mustafa Kholel Isis itu adala pejuang 2 islam yg ingin merebut kekuasaan dr syiah yg kafir dan sesat dalam islam. Islam tidak membenci agama manapun contohnya Ingat film hollywood kingdom of heaven dimana ketika solahuddin al ayyubi merebut yerusalem dr kristen dia berjanji melindungi hak2 dan kebebasan beribdah yahudi dan nasrani.


Bersihakan Nias dari ISLAM

11 Juli 2014

SEMOGA BERTAHAN BANGSA PILIHAN TUHAN = ISRAEL...AMIN..!!!

HAMAS adalah sekelompok pemberontak ANTI YAHUDI (Kalau di INDONESIA sama dengan FPI = FRONT PEMBELA ISLAM- INDONESIA) yang ingin menghancurkan Bangsa Israel dan menduduki TANAH SUCI (YERUSALEM,BETLEHEM) dan beberapa daerah disekitarnya. Kelompok ini yang menghalalkan pembunuhan dalam JIHAD.
JIHAD adalah PERANG yang dilakukan apabila para pejuang mati,, maka disebut sebagai MATII SAHID dan MASUK SORGA.
Tapi, ANEHNYA In...Lihat Selengkapnya

Welianawati Duha, Rinus Zalukhu, Aura Amel dan 14 lainnya menyukai ini.
Komentar

Bersihakan Nias dari ISLAM Mulailah sekarang sebelum mereka bertindak,,
Bersihakan Nias dari ISLAM Tak ada saudara bagi HAMAS atau FPI.. lbh keji dari yg km pikirkan


Bersihakan Nias dari ISLAM

10 Juli 2014

ISRAE vs PALESTINE..................
ISRAEL di Kecam dan di Kutuk olh DUNIA
Khususnya NEGARA ISLAM dan termasuk INDONESIA sebgai Negara Terbesar Islam Dunia....
FRONT PEMBELA ISLAM INDONESIA) Tak pernak di Bubabarkan olh Pemerintah Indonesia sendiri,, sehingga Umat Nasrnani Hampir terancam di seluruh wilayah Indonesia......Lihat Selengkapnya

Aura Amel, Sabar Zebua, Yaman Lhaoly dan 20 lainnya menyukai ini.
Komentar

Bersihakan Nias dari ISLAM harusnya memang seperti itu,, Lambat laun smoga ada rasa Kompak dari Pemuda Nias
Mey Kristian Zega
Mey Kristian Zega Mari kita ciptakan kedamaian antara sesama....tunjukan bahwa kita adalah umat pilihan Tuhan.


Bersihakan Nias dari ISLAM memperbarui foto sampulnya.

10 Juli 2014


Foto Bersihakan Nias dari ISLAM.

Jeffan, Aura Amel, Susý Dwi Oktavia Bll dan 6 lainnya menyukai ini.
Komentar



Bersihakan Nias dari ISLAM memperbarui foto profilnya.

10 Juli 2014


Foto Bersihakan Nias dari ISLAM.

Nidarlovededy Hulu, Aura Amel, Faris Nias dan 5 lainnya menyukai ini.
Komentar

Mayana Ester Telaumbanua
Mayana Ester Telaumbanua gak boleh gitu kita ini sebagai manusia harus mengerti dengan keadaan orang mengalami musibah di israel
Pance Gulo
Pance Gulo Musngahkan islam;-> israel vs palestinia,,,samangat israel


Sobat baru saja selesai membaca :

Kronologi Masuknya Islam di Nias

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Kronologi Masuknya Islam di Nias dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Kronologi Masuknya Islam di Nias link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2017/05/kronologi-masuknya-islam-di-nias.html

Subscribe to receive free email updates: