Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat

Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Post, Artikel Update, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat
link : Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat

Baca juga


Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat

Ambon, Malukupost.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku mencatat, inflasi daerah itu pada Mei 2019 meningkat dan melebihi batas sasaran inflasi secara tahunan.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Maluku pada bulan Mei 2019 tercatat mengalami inflasi 1,59 persen (month to month/mtm) atau sebesar 4,69 persen (year on year/yoy), melebihi batas sasaran target Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Maluku sebesar 3,5 persen ±1 persen (yoy)," kata Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Teguh Triyono di Ambon, Kamis (13/6).

Tekanan inflasi Maluku secara bulanan pada Mei 2019 tersebut meningkat dibandingkan bulan April 2019 yang mengalami deflasi sebesar 0,13 persen (mtm), meski secara tahunan tercatat mengalami inflasi sebesar 4,33 persen (yoy).

Meningkatnya tekanan inflasi pada bulan Mei utamanya disebabkan oleh meningkatnya tekanan inflasi pada Kelompok Bahan Makanan, dari sebesar 1,55 persen (mtm) pada April 2019, menjadi 4,47 persen (mtm), yang utamanya disebabkan oleh harga sub kelompok sayuran, bumbu dan ikan segar masing-masing sebesar 10,64 persen (mtm), 10,60 persen (mtm) dan 9,27 persen (mtm).

Berdasarkan informasi dari Dinas terkait, kenaikan harga bawang di Maluku disebabkan oleh naiknya harga bawang di sentra produksi Jawa Timur. Maluku masih bergantung pada Jawa Timur untuk memenuhi pasokan bawang dan cabai.

Selain itu, terdapat pedagang eceran yang dengan sengaja menaikkan harga bawang dan cabai untuk mengambil keuntungan. Meskipun telah dilakukan inspeksi mendadak (sidak), namun pedagang didapati menaikkan harga pasca sidak dilakukan.

Tingginya harga bumbu dan ikan segar juga disebabkan oleh panjangnya rantai distribusi. Hal ini tercermin dari adanya penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) Maluku meskipun harga jual bumbu, sayuran dan ikan meningkat.

Tingginya inflasi Maluku juga disebabkan oleh Kelompok Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan, terutama tiket angkutan udara yang mengalami inflasi 11,39 persen (mtm) pada Mei 2019 dari semula deflasi 13,48 persen (mtm) pada April 2019.

Berdasarkan data Survey Pemantauan Harga (SPH) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, kenaikan harga tiket pesawat pada Mei 2019 terjadi di rute Ambon-Langgur, Ambon-Makassar dan Ambon-Saumlaki, sedangkan harga tiket Ambon-Jakarta cenderung mengalami penurunan.

Dia mengatakan, kenaikan harga tiket angkutan udara tersebut didominasi oleh kelompok maskapai Low Cost Carrier (LCC) sedangkan maskapai full service cenderung melakukan penurunan harga.

Kenaikan harga kelompok makanan jadi turut menjadi penyebab inflasi Maluku pada Mei 2019. Kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 1,50% (mtm).

Tingginya inflasi makanan jadi utamanya disebabkan oleh komoditas roti, wafer dan es teh manis sejalan dengan meningkatnya permintaan Ramadhan.

TPID Maluku telah melakukan Rapat Koordinasi TPID yang dipimpin oleh Sekda Maluku dan dihadiri oleh seluruh Dinas terkait.

Dari rapat tersebut disimpulkan bahwa stok bahan pokok di Maluku tahan hingga 3 bulan ke depan.

Selain itu, dalam rapat juga disepakati bahwa Pemda Maluku akan menambahkan frekuensi kapal laut penyeberangan untuk distribusi bahan pokok dan jalur mudik masyarakat, termasuk upaya pengawasan tarif Tenaga Kerja Bongkar Muat di pelabuhan.

Namun di sisi lain, dalam rapat tersebut juga membahas mengenai potensi kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sejak dari sentra produksi di Jawa Timur yang perlu mendapat perhatian dari TPID Maluku.

Selain itu, telah dilakukan Rapat TPID Kabupaten Kepulauan Aru. Kepulauan Aru bukan kota IHK, namun menjadi penyokong pasokan komoditas ke Kota Tual yang merupakan kota IHK.

"Tekanan inflasi di Kepulauan Aru cukup tinggi yang disebabkan oleh terbatasnya pasokan bahan pokok," Teguh.

Ia mengungkapkan, Kepulauan Aru mengandalkan pasokan dari Jawa Timur dan keberadaan Tol Laut, namun sejak Januari - Mei 2019 hanya satu kali kapal tol laut yang bersandar dan melakukan bongkar muat.

Selain itu, adanya struktur pasar yang oligopoli menyebabkan pengendalian harga sulit dilakukan, hal ini cukup memberikan efek domino pada inflasi Kota Tual yang tinggi.

Dalam upaya menjaga ekspektasi konsumen, TPID Maluku melakukan talk show di TVRI, dan talk show tersebut bertujuan untuk menjaga ekspektasi masyarakat dan menginformasikan bahwa pasokan bahan pokok tercukupi dan mengajak masyarakat untuk berbelanja secara bijak dan tidak berlebihan.

Inflasi Provinsi Maluku pada tahun 2019 diperkirakan akan berada pada level yang rendah dan stabil serta berada pada sasaran inflasi sebesar 3,5 persen ± 1 persen (yoy).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemprov Maluku dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Maluku, TPID Maluku, TPID Kota/Kabupaten se-Maluku, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Satgas Pangan dan pihak terkait lainnya untuk mengendalikan harga.

Adapun strategi pengendalian inflasi di Maluku difokuskan pada kebijakan 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi yang Efektif. (MP-2)


Sobat baru saja selesai membaca :

Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Inflasi Maluku Bulan Mei Meningkat link yang gunakan: https://cepotpost.blogspot.com/2019/06/inflasi-maluku-bulan-mei-meningkat.html

Subscribe to receive free email updates: