Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas

Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Post, Artikel Update, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas
link : Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas

Baca juga


Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas

Ambon, Malukupost.com - Gubernur Maluku, Murad Ismail menyatakan tradisi pukul sapu lidi di Negeri Mamala dan Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, hendaknya dapat dipertahankan, dikembangkan dan dikemas menjadi atraksi budaya yang berkualitas. “Peningkatan kualitas atraksi tersebut, diharapkan akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Maluku, yang tentunya akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur Murad, dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Hamin Bin Thahir pada Acara Adat Atraksi Pukul Sapu dalam Perayaan 7 Syawal 1440 Hijriah di Negeri Mamala, Rabu (12/6/2019).
Ambon, Malukupost.com - Gubernur Maluku, Murad Ismail menyatakan tradisi pukul sapu lidi di Negeri Mamala dan Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, hendaknya dapat dipertahankan, dikembangkan dan dikemas menjadi atraksi budaya yang berkualitas.

“Peningkatan kualitas atraksi tersebut, diharapkan akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Maluku, yang tentunya akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur Murad, dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Hamin Bin Thahir pada Acara Adat Atraksi Pukul Sapu dalam Perayaan 7 Syawal 1440 Hijriah di Negeri Mamala, Rabu (12/6/2019).

Murad katakan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku, beserta seluruh pemangku kepentingan, agar dapat mewujudkan atraksi pukul sapu lidi ini sebagai atraksi budaya unggulan di Provinsi Maluku. Selain itu, Pemerintah Provinsi Maluku memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan atraksi Pukul Sapu, yang biasa digelar 7 (tujuh) hari setelah Hari Raya Idul Fitri atau disebut juga Perayaan 7 (tujuh) Syawal.

“Moment kultural ini merupakan pagelaran budaya yang ditunggu oleh para wisatawan, baik lokal maupun manca negara, bahkan sudah menjadi salah satu ikon pariwisata daerah Maluku,” ungkapnya.

Menurutnya, atraksi Pukul Sapu Lidi merupakan atraksi budaya yang sangat unik dan menjadi tradisi masyarakat Negeri Mamala setiap tahunnya.

“Tradisi pukul sapu lidi merupakan manifestasi dari perjuangan para leluhur, diantaranya Kapitan Tulukabessy yang berjuang dengan gagah berani untuk mempertahankan tanah tumpah darah dan melepaskan diri dari belenggu kaum penjajah,” ujarnya.

Dijelaskan Gubernur, kisah perjuangan dan pengorbanan Kapitan Tulukabessy mengajarkan kepada bahwa sejatinya seorang pejuang rela mengorbankan seluruh jiwa dan raga untuk bangsanya, dan mementingkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan diri sendiri dan kelompoknya, serta berjiwa besar dan menjadi figur pemersatu dalam masyarakat.

“Inilah sesungguhnya, semangat dan jati diri anak Maluku yang harus dipertahankan dan dikembangkan, mengingat dewasa ini terjadi telah pergeseran pola hidup masyarakat, dari pola hidup yang sosialis religius, egaliter dan hormat kepada nilai-nilai kearifan lokal, menjadi masyarakat liberal, sekuler, individualis dan kapitalis,” katanya.

“Bahkan, semangat “etno-nasionalisme” semakin menguat yang menyebabkan sering terjadi perkelahian antar kelompok, terutama antar negeri di Maluku,”katanya lagi.

Gubernur menambahkan, semangat atraksi Pukul Sapu Lidi dengan melibatkan generasi muda Negeri Mamala hendaknya menjadi sumber inspirasi dalam membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat Maluku untuk bersatu, serta merawat kerukunan hidup orang basudara.

“Saya yakin dan percaya, dengan semangat membangun negeri raja-raja, berdasarkan semangat siwalima, Pela dan Gandong dan sebagainya, kita bersama-sama dapat mewujudkan hal tersebut,”pungkasnya. (MP-5)


Sobat baru saja selesai membaca :

Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Gubernur Maluku: Atraksi Pukul Sapu Harus Dikemas Lebih Berkualitas link yang gunakan: https://cepotpost.blogspot.com/2019/06/gubernur-maluku-atraksi-pukul-sapu.html

Subscribe to receive free email updates: