West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September

West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Indonesia Timur, Artikel Irian Jaya, Artikel Kabar, Artikel Papua, Artikel Update, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September
link : West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September

Baca juga


West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September

West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September
 Para pemimpin Pacific Islands Forum pada pertemuan di Federated States of Micronesia tahun 2016 lalu - Foto: PNG PM media .
Jayapura -- Fiame Naomi Mata'afa, yang memimpin Pertemuan Menteri-menteri Luar Negeri Pacific Islands Forum, yang juga Deputi Perdana Menteri Samoa, memastikan bahwa West Papua jadi topik pada Forum Pemimpin PIF ke-48 tahun ini di Samoa.

Menurut dia, seperti dikutip oleh fijitimes.com, Minggu (13/8/2017) agenda West Papua akan tetap jadi agenda yang akan dibicarakan pada pertemuan tersebut. Meskipun kawasan Pasifik terus memberikan perhatiannya atas persoalan pelanggaran HAM di West Papua tetapi, ujar Mata’afa tetap penting menjalin dialog berkelanjutan dengan Indonesia terkait masalah ini.

Pertemuan Para Pemimpin PIF ke-48 akan berlangsung dari tanggal 4-8 September 2017 di Apia, Samoa.

Serangkaian pertemuan yang mengawalinya antara lain Smaller Islands States Leaders Meeting (pada 4 September); Pacific ACP Leaders Meeting (pada 5 September); Pembukaan resmi pertemuan PIF ke-48 (pada 5 September); Dialog Para Pemimpin forum dengan Organisasi Masyarakat Sipil dan Sektor Swasta (pada 6 September); Sesi Pleno Forum bersama Anggota Berasosiasi dan Para Peninjau Forum serta Pertemuan Mitra Dialog (pada 7 September); ditutup dengan Forum Retreat Para Pemimpin (8 September).

Berdasarkan informasi dari situs resmi PIF, dalam rangka menyiapkan Pertemuan Para Pemimpin ke-48 tersebut, Forum Komite Resmi, dewan pemerintahan pada Sekretariat PIF, bertemu di Suva pada 8 dan 9 Agustus lalu. Sebelumnya, tanggal 7 Agustus, didahului oleh pertemuan Smaller Island States Officials Meeting pada 7 Agustus 2017 serta pertemuan para pejabat Afrika Karibia Pasifik (ACP). Sementara 11 Agustus lalu baru saja dituntaskan pertemuan Forum Menteri-menerti Luar Negeri di Suva, Fiji.

Hasil komunike perteman Para Pemimpin PIF tahun lalu di Pohnpei, Federated States of Micronesia 8-10 September 2016, terkait West Papua berbunyi: “para pemimpin mengakui sensitivitas politik isu West Papua (Papua) dan bersepakat isu dugaan pelanggaran HAM di West Papua (Papua) harus tetap ada dalam agenda. Para pemimpin juga bersepakat pentingnya sebuah dialog terbuka dan konstruktif dengan Indonesia terkait masalah itu.”(*)


Posted by: Zely Ariane
Copyright ©Tabloid JUBI "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com


Sobat baru saja selesai membaca :

West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: West Papua Tetap Masuk Agenda Forum Pemimpin PIF September link yang gunakan: https://cepotpost.blogspot.com/2017/08/west-papua-tetap-masuk-agenda-forum.html

Subscribe to receive free email updates: