1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan

1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: 1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Indonesia Timur, Artikel Irian Jaya, Artikel Kabar, Artikel Papua, Artikel Update, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : 1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan
link : 1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan

Baca juga


1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan

1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan
Port Vila -- Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua atau (ULMWP) telah melakukan upacara adat bersama Pemerintah Vanuatu dan rakyatnya pada Sabtu (1 Desember) di Malvatumauri Chiefs Nakamal.

Upacara itu disaksikan Menteri Luar Negeri, Ralph Reganvanu, dan memberikan pidato di tribun Vanuatu, West Papua.

Dia mengatakan bahwa Vanuatu masih berkomitmen untuk dekolonisasi dan penentuan nasib sendiri untuk orang Papua.

“Pemerintah telah menegaskan kembali komitmennya dengan sejumlah keputusan yang ditempatkan di kabinet untuk menyetujui strategi saat ini di tempat untuk mempengaruhi masyarakat internasional sehingga semua anggotanya dapat memahami masalah West Papua seperti ketidakadilan, pelanggaran hak asasi manusia, masalah kolonisasi yang berkelanjutan di West Papua Barat dan perlindungan lingkungan".

"Semua masalah ini harus bekerja sama untuk memenuhi agenda PBB," kata Reganvanu.

Reganvanu mengatakan, tahun ini pemerintah Vanuatu telah menempatkan masalah West Papua dalam agenda Afrika Caribia dan Pasifik (ACP) yang memiliki total 79 negara anggota.

(Baca ini: Cahaya di Ujung Terowongan untuk West Papua)

Dia menegaskan bahwa, agenda tersebut akan dibahas pada tingkat tersebut di Brussels pada bulan Desember, di mana dirinya akan menghadir untuk menyajikan agenda Vanuatu yang telah disetujui di tingkat duta besar mengenai isu hak asasi manusia dan penentuan nasib sendiri untuk kembali ke agenda Dewan Hak Asasi Manusia dan Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Menteri mengatakan, Dia menantikan dukungan dari 79 negara dari ACP menuju resolusi.

Paula Makabory, anggota eksekutif ULMWP mengatakan bahwa orang Papua saat ini menghadapi penyalahgunaan kekuasaan oleh militer Indonesia yang telah membakar kantor advokasi dan menangkap orang pribumi.

(Baca ini: Vanuatu Terus Mendorong Resolusi PBB atas West Papua, Meskipun ada Penentangan dari Anggota Forum)

Dia menghimbau kepada pemerintah Vanuatu dan rakyatnya untuk tidak melupakan West Papua dan untuk selalu mendukung mereka.
Perayaan HUT West Papua dengan hadiah khusus melalui upacara kava.
Presiden dewan Malvatumauri, Kepala Willie Plasua menyegel hadiah upacara adat dengan pidato diikuti dengan upacara kava.

Bendera West Papua Dikibarkan di Port Vila, Vanuatu

ULMWP dalam kemitraannya dengan Asosiasi West Papua Vanuatu dan asosiasi Maluku Selatan telah bergabung dengan orang Papua di seluruh dunia untuk memperingati Hari Nasional West Papua, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 1 Desember di Kepala Nakamal, kemarin pagi (1/12).

West Papua pertama kali mengangkat bendera Bintang Kejora pada 1 Desember 1961.

Perayaan dimulai dengan Presiden Dewan Malvatumauri, Kepala Willie Gray Plasua, menyampaikan pidato sambutan kepada tamu-tamu istimewa dan masyarakat untuk menyaksikan pengibaran bendera dan memperingati hari bagi rakyat West Papua.

Saat hening dilakukan untuk mengenang orang-orang yang dicintai yang telah mati dalam perjuangan untuk penentuan nasib sendiri.

Chief Plasua memohon kepada gereja, LSM, masyarakat dan Melanesia secara keseluruhan untuk selalu bersatu dan berdiri di samping perjuangan kemerdekaan West Papua.

Dia menegaskan kembali kepada delegasi ULMWP bahwa mereka memiliki dukungan penuh dari dewannya.

Ketua Asosiasi dan Komite Rekonsiliasi West Papua, Pendeta Alan Nafuki, mengatakan bahwa dia yakin waktunya telah tiba bagi West Papua untuk mencapai hak mereka untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan mereka.

Dia mengatakan mungkin hanya melalui Tuhan saja.

Perwakilan pemerintah dan utusan khusus untuk West Papua, Lora Lini mengatakan bahwa Vanuatu, sebuah negara kecil dengan suara keras, telah berada di garis depan selalu dan akan terus mengadvokasi menuju penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan bagi West Papua.

(Simak ini: Special Envoy: Pasifik Tidak Bisa Lagi Tutup Mata Terhadap West Papua)

Dia mengatakan bahwa, hanya Vanuatu yang dapat merasakan kebutuhan mendesak dan perjuangan orang Papua merasa seperti Vanuatu keluar dari perjuangan semacam itu dari dua kekuatan kolonial pada tahun 1980.

Dr Alexander Manuputty, Pemimpin dari Maluku Selatan mengakui peran ULMWP mendorong penentuan nasib sendiri.

(Lihat ini: Presiden Komite Dekolonisasi Oseania: Hentikan Pertumpahan Darah di West Papua)

Dia mengatakan sudah saatnya West Papua, Maluku Selatan dan Vanuatu membangun persahabatan timbal balik dan kepercayaan terhadap prinsip persamaan hak dan penentuan nasib sendiri rakyat di West Papua dan Maluku Selatan.

Andy Ayamiseba, penduduk Vanuatu yang sudah lama, mengatakan bahwa sudah saatnya para pemuda mengambil tanggung jawab dalam perjuangan karena waktunya sudah dekat bagi mereka untuk mundur dan memungkinkan para pendukung aktif yang kuat untuk mendukung gerakan West Papua. Dia mendorong persatuan selalu di antara kaum muda untuk sukses.

Paula Makabory, anggota eksekutif ULMWP mengakui Vanuatu untuk dukungan berkelanjutan dan mengatakan bahwa upacara pengibaran bendera bukan hanya identitas untuk orang Papua tetapi juga cap eksistensi West Papua di arena global.

Hari itu melihat para pemuda melakukan drama dan sandiwara untuk merayakan hari istimewa bagi orang Papua yang diikuti dengan penyegaran.

Orang Papua ingin bebas dari pemerintahan Indonesia dan rakyat Vanuatu telah menjanjikan dukungan mereka kepada rakyat West Papua.

(Lihat pesan Vanuatu untuk orang Papua: Dubes Vanuatu untuk PBB ajak Rakyat Papua Bersatu)


Posted by: Admin
Copyright ©Daily PostVU "sumber"
Hubungi kami di E-Mail 📧: tabloid.wani@gmail.com


Sobat baru saja selesai membaca :

1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang 1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: 1 Desember, ULMWP Melakukan Upacara Adat Bersama Pemerintah Vanuatu dan Bendera West Papua Dikibarkan link yang gunakan: https://cepotpost.blogspot.com/2018/12/1-desember-ulmwp-melakukan-upacara-adat.html

Subscribe to receive free email updates: