Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Jawa Tengah, Artikel Kabar, Artikel Kebumen, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
link : Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Baca juga


Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sarasehan Pengembangan Geopark Karangsambung-Karangbolong bersama Wakil Bupati Kebumen. (Foto: KebumenKab/FB)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen berharap Geopark Karangsambung Karangbolong (GPKK) yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional oleh Pemerintah RI pada 30 November 2018 lalu, dapat meningkatkan perekonomian daerah maupun kesejahteraan masyarakat sekitar di masa depan. Bahkan Pemkab menarget dalam 2 tahun mendatang bisa menurunkan angka kemiskinan lebih dari 3 persen, terutama di 117 desa dan kelurahan yang menjadi kawasan GPKK.

Angka kemiskinan Kabupaten Kebumen hingga akhir tahun 2018 menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 17,4 persen. Angka ini diharapkan turun menjadi 14 persen dua tahun mendatang.

Hal ini dijelaskan Wakil Bupati Kebumen, KH.Yazid Mahfud saat membuka acara sarasehan "Pengembangan Geopark Karangsambung - Karangbolong" di Auditorium Gedung LIPI Karangsambung, Senin (21/1/2019) kemarin.

“Geopark seharusnya memberi manfaat lebih banyak pada masyarakat, menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat,“ terang Yazid Mahfudz.

Karena itu, GPKK diharapkan memberi daya dukung mengentaskan kemiskinan, terutama potensi wisata. Masyarakat perlu diedukasi, agar tidak mengeksploitasi sumber daya alam, khususnya di kawasan GPKK.

Mereka juga harus disadarkan agar semakin peduli dan tidak bersikap acuh terhadap kekayaan geoheritage /warisan dunia geologi yang ada di sekitarnya. Sehingga ada perubahan pola pikir dari eksploitasi menjadi konservasi.

Geopark Karangsambung Karangbolong bisa memberi semangat dan kebangkitan baru, untuk mengentaskan kemiskinan menuju kemakmuran, kesejahteraan dan konservasi alam dan kebudayaan, serta biologi.

Sementara pemerhati geopark dr Bambang Gunawan, SpOG berpendapat, tidak tepat jika ada pandangan, adanya geopark identik dengan berkembangnya pariwisata. Di dalam geopark ada konservasi, mitigasi bencana dan sebagainya. Berkembangnya pariwisata di geopark, salah satu bidang yang bisa dikembangkan.

"Hal yang lebih penting adanya pembangunan yang berkelanjutan," tandasnya.

Kepala BIKK Karangsambung, Edi Hidayat, ST, MT berpandangan, di kawasan GPKK, tidak diharapkan ada investasi swasta dengan nilai besar. Jika ada swasta ingin investasi di GPKK, hanya untuk peningkatan infrastruktur, seperti yang terjadi Geopark Ciletuh. Ada BUMN farmasi investasi disana, tapi hanya pengembangan infrastruktur. Selebihnya pemberdayaan masyarakat, untuk peningkatan kesejahteraan.



| Sumber : KoranBernas




Sobat baru saja selesai membaca :

Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Pemkab Berharap Geopark Karangsambung Karangbolong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2019/01/pemkab-berharap-geopark-karangsambung.html

Subscribe to receive free email updates: