Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan

Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Jawa Tengah, Artikel Kabar, Artikel Kebumen, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan
link : Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan

Baca juga


Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan

Kades Karangsari Kebumen Endrata SH saat memberikan pemaparan pada Musyawarah Desa BUMDes Mapan. (Foto:IMAM/ESKPRES)
KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Badan Usaha antara desa se Kecamatan Kebumen rencanaya akan didirikan dan dikelola secara bersama-sama oleh 24 desa di Kecamatan Kebumen. Hal ini mengemuka pada Musyawarah Desa (Musdes) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "Mapan" Desa Karangsari yang dihadiri Jajaran Muspika Kebumen di Kantor Balai Desa Karangsari, Minggu (20/1/2019) malam.

BUMDes Mapan Desa Karangsari yang telah beroperasi setahun ini menjadi percontohan. Lantaran keberhasilan desa dalam mengelola BUMDes yang diresmikan oleh Bupati Kebumen Ir H Yahya Fuad SE pada 20 Desember 2017 lalu. Maka tak heran, Kepala Desa Karangsari Kebumen Endrata SH pun dipercaya untuk memimpin tim perumus Badan Usaha antara desa se Kecamatan Kebumen tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Desa Karangsari Kebumen Endrata SH menyampaikan modal awala BUMDes sebanyak Rp 530 juta. Dengan perincian tahun 2017 sebanyak Rp 314.181.600. Tahap kedua sebesar RP 18.818.400 dan Dana Banprof Rp 30 Juta. Dana tersebut digunakan untuk renovasi gedung, Pengadaan Gedung, Perlengkapan swalayan, listrik, investasi tetap dan barang dagangan. “Bagi hasil keuntungan yakni pemupukan modal sebanyak 35 persen, Pendapatan Asli Desa 15 persen dan operasional Kelembagaan 50 persen,’ tuturnya.

Endrata menjelaskan, dalam satu tahun (2017-2018) BUMDes Mapan mendapatkan keuntungan mencapai Rp 158 juta. Keuntungan dibagi sesuai dengan persentase yang telah ditentukan. Kendati demikian Endrata berharap nantinya persentase untuk pendapatan desa dapat dinaikkan sehingga tidak lagi 15 persen melainkan lebih dari itu. “Ditahun-tahun mendatang, kebutuhan BUMDes tidak sebanyak tahun berikutnya. Harapannya pendapatan desa dapat lebih banyak. Namun untuk hal tersebut juga harus ada kesepakatan bersama,” paparnya.

Dalam sambutannya, Camat Kebumen Ram Gunadi SH menyampaikan apresiasi atas keberhasilan BUMDes Mapan Karangsari. Menurutnya dari sekian desa yang ada BUMDesnya, belum ada yang sebaik Mapan. “Kami berharap ke depan akan semakin baik dan semakin meningkat,” ucapnya.

Untuk diketahui, BUMDes Mapan dibentuk berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) nomor 6 tahun 2016. Kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan tim sembilan. Tim terdiri dari berbagai unsur masyarakat dan yang diketuai oleh Suharyono. Tim bertugas menyusun raperdes, AD ART BUMDes berdasar Keputusan Kepala Desa Karangsari nomor 141/28/KEP/2015. BUMDes Mapan resmi terbentuk pada 30 April 2016. Saat itu, sudah dilengkapi dengan pelaksana Operasional sebanyak 4 orang diketuai Ir Bambang Sunaryo, dan Pengawas tiga orang yang diketuai Lulus Triparyadi.

Dari beberapa informasi menyebutkan nama Mapan sediri, merupakan usulan dari salah satu tokoh masyarakat setempat yakni Sarimin. Nama tersebut mengandung maksud agar masyarakat Karangsari dapat Mapan. Baik dari segi ekonomi politik maupun lainnya.



Sumber : Ekspres





Sobat baru saja selesai membaca :

Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Kecamatan Kebumen Bakal Bangun Badan Usaha Antar Desa, BUMDes Mapan Jadi Percontohan link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2019/01/kecamatan-kebumen-bakal-bangun-badan.html

Subscribe to receive free email updates: