Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia

Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Jawa Tengah, Artikel Kabar, Artikel Kebumen, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia
link : Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia

Baca juga


Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Siapa sangka, sebuah komunitas seni dari pelosok Desa Demangsari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen bakal tampil di sebuah event internasional di Taiwan. Adalah Komunitas Titik Kumpul yang berkesempatan mementaskan kesenian Kebumen dalam pagelaran Yilan Green Expo ke-19 di Taiwan.

Sebanyak 14 anggota komunitas yang dibentuk pada 13 Oktober 2017 lalu ini akan berpentas mulai 30 Maret 2019 sampai 13 Mei 2019 mendatang.

"Tapi kita berangkat mulai tanggal 20 (Maret -red)" jelas Pijar Cahyo Aji, salah satu founder Komunitas Titik Kumpul, kepada Berita Kebumen melalui melalui pesan Whatsapp, Rabu (30/1/2019).

Selama 40 hari mereka tampil mengenalkan budaya Indonesia, khususnya Kebumen kepada para wisatawan yang berasal dari seluruh dunia.

Kesempatan itu tentunya tidak mudah didapatkan. Sebelumnya, mereka harus bersaing ketat dengan komunitas seni dari berbagai negara seperti Jepang, Philipine, Vietnam, Chinese, Taiwan, Spanyol, dan negara lainnya.

"Setelah melewati proses yang melelahkan akhirnya terpilih, masuk 3 besar peserta yang berhak tampil di Yilan Green Expo" kata Pijar Cahyo Aji.

Komunitas Titik Kumpul bersama dua tim dari negara lain terpilih tampil di Yilan Green Expo, event musim semi tahunan terbesar di Taiwan yang tahun ini diselenggarakan di Dongshan Railway Station dan di Dongshan River Ecoark dengan tema 'Aksi Hijau'.

"Kami dari  Komunitas Titik Kumpul mengirimkan 2 karya. Yaitu tari kontemporer 'Julungkoben' khas cerita lokal Waduk Sempor dan Wayang Golek" imbuhnya.

Butuh Donasi

Sayangnya, untuk dapat menampilkan kesenian tradisional daerahnya ke manca negara ini mereka masih terkendala dana. Yakni dana untuk mengurus visa keberangkatan ke Taiwan.

Pihak panitia memang memberikan fasilitas tiket pesawat pp, akomodasi, tempat tinggal dan makan di Taiwan. Namun visa dan kebutuhannya lain tidak.

Mengingat mayoritas anggota Titik Kumpul saat ini adalah mahasiswa dan pelajar yang belum memiliki penghasilan, mereka pun berinisiatif menggalang donasi melalui situs penggalang dana kitabisa.com

"Untuk itu kami mohon dukungan ke semua pihak, untuk saling bahu membahu membuat pergerakan semangat berkesenian ini terwujud." kata Pijar Cahyo Aji penuh harap.

Komunitas Titik Kumpul merupakan salah satu wadah untuk para seniman muda di Kebumen. Dideklarasikan pada 13 Oktober 2017 di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen oleh sekitar empat puluhan orang dari beragam latar belakang seni seperti musik, teater, sastra, lukis, musik tradisional, dalang, dan sebagainya.

Penamaan Titik Kumpul dilandasi filosofi bahwa komunitas ini adalah sebuah tempat berkumpul yang bisa menampung siapa saja untuk berdiskusi, bercerita, dan lebih jauh membuat karya dalam bidang seni dan kebudayaan. Ikatan dengan kampung halaman mendorong Titik Kumpul untuk belajar dan menggali lebih jauh tentang budaya lokal. Melalui diskusi dan karya-karya mereka, Titik Kumpul berusaha mencari jati diri, baik secara personal maupun sebagai warga Kebumen dalam ranah kebudayaannya.

Titik Kumpul kemudian berkembang menjadi tempat untuk mengeekspresikan kreativitas anak-anak muda Kebumen. Saat ini komunitas seni Titik Kumpul beranggotakan 100 orang.

Mari kita dukung Komunitas Titik Kumpul mempromosikan budaya daerah Kebumen ke kancah dunia dengan berdonasi melalui KitaBisa.com


Reporter : Mat| Editor : BK01|




Sobat baru saja selesai membaca :

Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Komunitas Titik Kumpul Tampilkan Budaya Kebumen di Kancah Dunia link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2019/01/komunitas-titik-kumpul-tampilkan-budaya.html

Subscribe to receive free email updates: