Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu

Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Post, Artikel Update, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu
link : Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu

Baca juga


Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu

Ambon, Malukupost.com - Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Abdullah Ely, mengatakan pihaknya berkomitmen menyelesaikan semua dugaan tindak pidana pemilu di 11 Kabupaten/Kota yang dilakukan Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun Tim Suksesnya tanpa terkecuali. Menurut Ely, Bawaslu telah menerima berbagai laporan saat dugaan tindak pidana, akan tetapi pihaknya masih melakukan pencarian barang bukti yakni pengadaan barang dan jasa dari seorang caleg kepada orang lain ataupun harus ada saksi mata dari masyarakat.
Ambon, Malukupost.com - Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Abdullah Ely, mengatakan pihaknya berkomitmen menyelesaikan semua dugaan tindak pidana pemilu di 11 Kabupaten/Kota yang dilakukan Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun Tim Suksesnya tanpa terkecuali.

Menurut Ely, Bawaslu telah menerima berbagai laporan saat dugaan tindak pidana, akan tetapi pihaknya masih melakukan  pencarian barang bukti yakni pengadaan barang dan jasa dari seorang caleg kepada orang lain ataupun harus ada saksi mata dari masyarakat.

“Karena bersifat dugaan, maka alat bukti dan saksi-saksi akan dibutuhkan oleh Bawaslu, kemudian nanti diputuskan dalam rapat pembahasan pertama atau gelar perkara. Setelah pembahasan, tersedia ruang khusus untuk yang bersangkutan dipanggil agar diminta penjelasan lanjutan dimana kalau caleg terbukti, maka proses selanjutnya adalah panggilan resmi terhadap para saksi dari Bawaslu,” ungkapnya di Ambon, Sabtu (19/1).

Ely katakan, setiap caleg bisa mensosialisasikan diri dengan cara membagi-bagi kartu nama pada kolom komentar di media sosial atau event bahkan pada momen saat memperkenalkan dirinya kepada masyarakat.

“Tapi kemudian dilarang dan tidak dibolehkan memberikan uang, barang dan jasa serta janji-janji itu,” tandasnya.

Ely juga mengingatkan bagi para caleg saat kampanye, tidak boleh mengeluarkan uang dari batas yang ditentukan. Sebab, nantinya akan bermasalah dengan pihak Bawaslu.

“Kalau Caleg berikan lebih dari ketentuan, berarti itu juga bisa bermasalah,” tegasnya.

Elly menambahkan, nilai maksimal setiap bahan kampanye yang boleh dibagikan peserta Pemilu 2019 adalah sebesar Rp60.000. Ketentuan tersebut diatur dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu.

"Bahan kampanye yang dimaksud terdiri dari selebaran, brosur, pamflet, poster, stiker, pakaian, penutup kepala, alat makan dan minum, kalender, kartu nama, pin, dan alat tulis. Setiap bahan kampanye apabila dikonversikan dalam bentuk uang maka nilainya paling tinggi Rp60.000," pungkasnya. (MP-8)


Sobat baru saja selesai membaca :

Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Bawaslu Maluku Komitmen Usut Dugaan Tindak Pidana Pemilu link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2019/01/bawaslu-maluku-komitmen-usut-dugaan.html

Subscribe to receive free email updates: