Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya - Hai Apa kabar Sobat pembaca CEPOT POST?, Cepot harap kabar Sobat baik-baik saja dan tak kurang suatu apa ya.. hehehe.. di kesempatan yang baik ini kita akan mengupas post dengan judul: Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya, dan sepertinya post kali ini layak dimasukan dalam kategori Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Jawa Tengah, Artikel Kabar, Artikel Kebumen, Nah biar gak kelamaan, yuk langsung kita simak saja.

Judul : Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya
link : Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Baca juga


Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kembali membuka kesempatan kepada para pemudik dengan sepeda motor untuk memanfaatkan program Angkutan Motor Gratis (Motis). Kuota untuk tahun 2019 atau tahun ke-6 penyelenggaraan Angkutan Motis dengan moda Kereta Api ini sebanyak 18.096 sepeda motor.

Pelayanan motis tahun 2019 terbagi atas 3 lintas layanan yaitu :
1. Lintas Utara : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Tegal - Sta. Pekalongan - Sta. Semarang Tawang - Sta. Ngrombo - Sta. Cepu - Sta. Bojonegoro - Sta. Babat - Sta. Surabaya Pasarturi;
2. Lintas Selatan I : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cimahi - Sta. Sta. Kiaracondong - Sta. Sidareja - Sta. Kroya - Sta. Gombong - Sta. Kebumen - Sta. Kutoarjo;
3. Lintas Selatan II : Sta. Jakarta Gudang - Sta. Cikarang/Lemahabang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Purwokerto - Sta. Kroya - Sta. Kutoarjo - Sta. Lempuyangan - Sta. Klaten - Sta. Purwosari - Sta. Madiun - Sta. Kertosono - Sta. Jombang - St. Mojokerto - Sta. Surabaya Pasarturi.

Kapasitas layanan angkut motis tiap lintas layanan sebesar 464 motor. Sehingga total keseluruhan 3 lintas layanan tersebut mempunyai kapasitas angkut motis sebesar 1392 motor/hari. Waktu pengantaran atau pengangangkutan motis akan dimulai pada 27 Mei-2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 8 Juni-13 Juni 2019. Sehingga selama 13 (tiga belas) hari pelaksanaan program layanan Angkutan Motis ini mengangkut sebanyak 18.096 sepeda motor.

Pembukaan pendaftaran peserta program motis sudah mulai dibuka pada hari ini, Selasa (12/3/2019) hingga (25/5/2019). Peserta motis, kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi, dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

“Selain itu untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow/dari daerah, pendaftaran dimulai dari tanggal 28 April hingga 12 Juni 2019,” kata Zulmafendi di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Beberapa stasiun yang telah menerima pendaftaran motis secara langsung yaitu Sta. Jakarta Gudang, Sta. Bekasi, Sta.Jatinegara, Sta,Kemayoran, Sta.Cikarang dan Sta.Kiara Condong. Sedangkan untuk Sta. Depok Baru dan Sta. Tangerang segera menyusul untuk menerima peserta pendaftaran motis.

Bagi peserta motis yang mendaftar di awal yaitu dari 25 Maret – 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO. Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA sebanyak maksimal 3 tiket. Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia.

Berdasarkan Data Ditjen Perkeretaapian, pada penyelenggaraan motis pertama tahun 2014 okupansi keterisian kuota sebesar ± 52 persen, kemudian tahun 2015 menjadi ± 55 persen tahun 2016 sebesar ± 73 persen, lalu pada tahun 2017 menjadi ± 84 persen dan pada tahun 2018 lalu sebanyak 17.147 sepeda motor yang diangkut melalui program motis, artinya realisasi okupansi keterisian kuota telah mencapai ± 90 pereeb.

Pemerintah berharap dengan telah dibukanya program layanan motis ini, masyarakat yang berencana mudik dengan sepeda motor, mau memanfaatkan layananan angkutan motor gratis ini, dengan beralih menggunakan motis untuk sepeda motornya, sedangkan pemudik mau beralih naik kereta api ataupun moda angkutan umum lainnya.


Editor : BK/mat | Sumber : indopos.co.id




Sobat baru saja selesai membaca :

Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Cepot rasa sudah cukup pembahasan tentang Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya dikesempatan ini, moga saja dapat menambah informasi serta wawasan Sobat semuanya. Wookey, kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya?.

Telah selesai dibaca: Pendaftaran Mudik Motor Gratis 2019 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya link yang gunakan: http://cepotpost.blogspot.com/2019/03/pendaftaran-mudik-motor-gratis-2019.html

Subscribe to receive free email updates: